Digital clock

BANNER

MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN

KABAR SEPUTAR TUBAN

JAM SUGAR FM

Selasa, 02 Oktober 2012

HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER.

SU94R FM RadioNet.com
Hari Kesaktian Pancasila, Mahasiswa Turun Jalan.
Senin, 01 Oktober 2012 
 Reporter : M Muthohar

Tuban (beritajatim.com) - Dalam memperingati hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada hari ini, Senin (01/10/2012), sejumlah mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Tuban melakukan aksi turun jalan. Dalam aksinya, mahasiswa menggambarkan bahwa saat itu Kesaktian Pancasila masih terbelenggu oleh penguasa rakus.

Dari pantuan beritajatim.com, belasan aktivis mahasiswa tersebut memulai aksinya dari bundaran patung Letda Sucipto, Kota Tuban. Selanjutnya mereka berjalan kaki melewati jalan Teuku Umar, Tuban untuk menuju Tugu Pancasila yang ada di simpang tiga jalur pantura tersebut.
kotatuban.com/lukmanul haqim
Sambil berjalan mereka terus melakukan orasi yang menilai bahwa saat ini Kesaktian Pancasila masih terbelenggu oleh pemerintah yang masih rakus, sehingga membuat rakyat kecil semakin tertindas meski sudah merdeka. Mereka menyatakan bahwa sebagian besar penguasa di Indonesia telah menyengsarakan rakyat.

"Setelah bangsa asing yang menjajah Indonesia sudah bisa diusir, sekarang gantian dengan penguasa yang menjajah rakyat. Di hari kesaktian Pancasila ini, kita doakan agar Indonesia terbebas dari penguasa rakus," teriak Sumasto saat melakukan orasi.

Dalam aksi damai tersebut mereka mengarak gambar Garuda sebagai simbol Pancasila dengan dilingkari dengan ban hitam. Simbol tersebut memiliki makna bahwa saat ini Pancasila masih terbelenggu oleh penguasa yang rakus.

Kemudian sesampai di simpang tiga depan Tugu Pancasila yang berada di Jalan Teuku Umar, Jalan RE Martadinata dan Jalan Tuban- Semarang, mereka mencopot ban yang melingkari Garuda. Selanjutnya, ban dibakar sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Ini sebagai simbol, kalau kita harus melepas belenggu Garuda, agar Indonesia bisa kembali memakmurkan rakyatnya," ujar M Su'udi, yang merupakan kordinator dalam aksi tersebut.

Setelah melakukan pembakaran simbul lingkaran yang merupakan gambaran pemerintah rakus, mereka belasan aktifis mahasiswa tersebut membubarkan diri dengan tertib. Untuk mencegah kemacetan di jalur Pantura Tuban, aksi tersebut damai tersebut dijaga ketat oleh petugas kepolisian Polres Tuban. [mut/but]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1435 H

BERITA POPULER SUGAR FM