MENU BARU

Digital clock

BANNER

KABAR SEPUTAR TUBAN

JAM SUGAR FM

Senin, 18 Juni 2012

SAR SMAN 2 Tuban Berlatih di Pesisir Pantai Jenu

SU94R FM RadioNet.com

SMA Negeri 2 Tuban Latihan Search and Rescue (SAR)

Tuban – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi hari libur sekolah dan tidak harus pergi ke tempat-tempat wisata, misalnya melakukan latihan Search and Rescue (SAR). Seperti yang dilakukan puluhan siswa-siswi SMA Negeri 2 Tuban ini. Guna mengisi hari libur sekolah, mereka menggelar latihan Search and Rescue (SAR) di pesisir pantai Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Minggu (17/06/2012).
Kegiatan ini bertujuan untuk mengenal tentang bagaimana cara mengantisipasi ataupun menanggulangi para korban bencana, baik itu di darat, laut, maupun udara. Para siswa-siswi yang tergabung dalam pecinta alam tersebut digembleng dengan cara latihan fisik dan mental guna meningkatkan kualitas diri mereka bila sewaktu-waktu menghadapi musibah yang sesungguhnya atau ikut terlibat langsung menolong korban bencana, baik itu di darat, laut maupun udara. Mereka pun begitu antusias mengikuti para petunjuk instruktur yang sarat pengalaman. Mereka mempraktekkan bagaimana cara menolong korban tenggelam di lautan dan mengevakuasinya ke daratan hingga korban yang jatuh dari pesawat terbang.
Para siswa mengaku sangat senang dengan latihan SAR tersebut, karena selain bisa mendapakatkan ilmu, juga kelak bisa berguna bagi para korban yang tertimpa musibah, baik saat di udara, air maupun darat. Para siswa mengaku sangat terobsesi ketika melihat korban bencana yang ditayangkan di televisi. ”Ya, faedahnya cukup banyak mas dalam mengikuti latihan seperti ini,’’ ujar Herman, salah satu siswa kelas 2 ini, seraya menambahkan, dirinya ingin melakukan hal serupa apa yang pernah dilakukan oleh Tim Basarnas apabila nanti dibutuhkan dan mampu melakukannya.
Sementara itu, instruktur pelatihan SAR, Edy Toyibi mengatakan, banyaknya bencana alam yang ada di Indonesia ini bisa menjadi pemicu masyarakat untuk terus melakukan kegiatan SAR, agar nantinya
keberadaannya bisa berguna bila ada musibah atau bencana. “Kegiatan ini dipandang perlu mengingat banyakya bencana alam yang terjadi. Oleh karena itu, siswa pun perlu dibekali ilmu pelatihan SAR,’’ tukas Edy Toyibi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

TOKO JUID JAYA

BERITA POPULER SUGAR FM