Digital clock

BANNER

MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN

KABAR SEPUTAR TUBAN

JAM SUGAR FM

Rabu, 16 Mei 2012

Libur Panjang 4 Hari, Ada PNS Tetap Sibuk Kerja

SU94R FM RadioNet.com
Sambutan SBY
Libur Panjang 4 Hari, PNS Pemprov Tetap Sibuk
Surabaya - Keputusan cuti bersama 17-20 Mei 2012 sudah ditetapkan dan ditandatangani dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri.

Libur panjang selama empat hari bagi 23 ribu orang lebih PNS di lingkungan Pemprov Jatim itu, ternyata tak bisa membuat para PNS bersantai-santai dengan keluarga. Sebab mereka harus mempersiapkan acara Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) 2012 yang puncaknya digelar di Jatim (Puspa Agro Sidoarjo).

Seperti yang diketahui, 17 Mei 2012 merupakan tanggal merah karena ada moment Kenaikan Yesus Kristus. Lalu 18 Mei 2012 menjadi cuti bersama karena momen tersebut. Olek karena itu, mulai Kamis hingga Minggu para PNS mendapatkan libur panjang. "Iya memang ada libur panjang. Tapi bagi PNS di lingkungan Pemprov Jatim yang masuk dalam kepengurusan persiapan BBGRM, mereka tak bisa libur. Mereka harus tetap mempersiapkannya," tutur Sekdaprov Jatim Rasiyo saat dikonfirmasi, Rabu (16/5/2012).

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Jatim ini, meski tak semua PNS menjadi panitia BBGRM, namun pastinya para pejabat eselon yang menjadi panitia akan melibatkan anak buahnya. Persiapan itu seperti pembangunan stan pameran yang ada di Puspa Agro Sidoarjo. "Acara yang berlangsung pada 23 Mei itu akan diikuti para gubernur se-Indonesia. Untuk itu, persiapannya harus matang dan serius. Kami ingin BBGRM di Jatim ini berjalan sukses, karena akan dihadiri langsung Presiden SBY," katanya.

Sementara itu, kepastian adanya libur panjang datang dari Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jatim Akmal Boedianto. Melalui pesat singkatnya, mantan Sekwan DPRD Jatim ini memastikan ada libur panjang karena cuti bersama. "Iya ada cuti bersama nasional," ujarnya singkat.

Akmal berharap, dengan adanya libur panjang ini para PNS dapat memanfaatkan waktunya dengan baik. Supaya saat masuk kerja nanti bisa bekerja maksimal lagi. Apalagi akan ada acara BBGRM yang menjadi gawe Pemprov Jatim.

Sementara itu, Kadisnakertransduk Jatim Hary Soegiri menambahkan, dengan cuti bersama itu maka semua karyawan, buruh atau pekerja harus diliburkan karena ini merupakan hak mereka dan keputusan ini harus dipatuhi.

Namun lain halnya dengan kantor-kantor swasta yang sifatnya lebih pada pelayanan atau produksi yang tidak memang terus beraktivitas maka akan ada aturan lagi.

"Aturan itu sifatnya tidak memaksa. Aturan itu atas dasar kesepakatan atau komitmen antara buruh dengan pihak manajemen perusahaan yang diatur dalam perjanjian kerja bersama," pungkasnya.

Keputusan cuti bersama tanggal 17 hingga 20 Mei 2012 memang sudah ditetapkan setelah ditandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri. Yakni, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri. Artinya, Pegawai Negeri Sipil (PNS), termasuk PNS dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban bisa libur kerja.
Namun demikian,  semua PNS di Tuban  tidak semuanya dapat libur. Pasalnya, beberapa diantaranya harus menjaga kantornya masing-masing. Seperti Pemkab Tuban harus dijaga. “ Ya harus dijaga. Untuk Pemkab biasanya yang jaga Sat Pol PP, “ ungkap Kabag Humas dan Media Pemkab Tuban, Joni Martoyo, Selasa (16/05/2012).
Joni menambahkan, tidak hanya Pemkab Tuban saja yang harus dijaga. Namun, juga Instansi di Tuban juga harus ada penjagaan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan. “ Jadi penjagaannya secara bergantian, “ sambung mantan Camat Jenu tersebut.
Seperti diketahui, 17 Mei 2012 adalah tanggal merah lantaran dan 18 Mei 2012 dijadikan menjadi cuti bersama. Sehingga, mulai kamis hingga minggu, para PNS dapat libur panjang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

BERITA POPULER SUGAR FM